Topik sebelumnyaGo downTopik selanjutnya
avatar
IA Info Grup Akun Terverifikasi
Join : 14.08.17

Diskusi 1: Supermoon 2018

on 12/25/2017, 18:00

Di awal tahun 2018, peristiwa Supermoon bakal terjadi. Siap untuk berburu?

Apa itu Supermoon?
Supermoon sebenarnya adalah peristiwa biasa, ia adalah peristiwa ketika Bulan purnama kebetulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi, atau yang dikenal sebagai perigee. Karena berada di perigee ini, Bulan akan tampak lebih besar daripada biasanya. Yakni sekitar 14% lebih besar. Selain itu, Bulan juga akan tampak 30% lebih terang. Menarik? Tentu!

Bagaimana Bisa Bulan di Jarak Terdekat dengan Bumi?

Foto: Kalastro.id

Dalam mengelilingi Bumi, Bulan tidak mengorbit dalam jalur melingkar sempurna, melainkan jalurnya berbentuk elips. Seperti ilustrasi di atas, Bulan bisa berada di jarak terdekatnya (perigee) maupun jarak terjauhnya (apogee) dari Bumi. Pada saat di perigee inilah Bulan sering disebut sebagai Supermoon (walaupun tidak super-super amat, hehe).

Kapan dan Jam Berapa Supermoon 2018 Terjadi?
Bulan bakal mencapai titik perigee pada 2 Januari 2018 pukul 04.54 WIB, sementara Bulan baru secara astronomis masuk fase purnama pada 2 Januari 2018 pukul 09.24 WIB. Dengan kata lain, Bulan purnama baru terjadi 4,5 jam setelah Bulan mencapai perigee. Walau begitu, Bulan purnama yang berada pada sudut elongasi 180 derajat terhadap Matahari membuatnya baru bisa diamati saat Matahari terbenam.

Jadi, Bulan purnama perigee bisa mulai kita amati saat Matahari terbenam di tanggal 2 Januari 2018. Bulan purnama perigee pada 2 Januari 2018 sendiri merupakan supermoon yang kedua dalam rangkaian tiga supermoon beruntun yang terjadi pada tanggal 4 Desember 2017, 2, dan 31 Januari 2018. Dan supermoon kedua lah yang akan tampak paling besar karena berjarak paling dekat.

Ada pertanyaan? Mari berdiskusi tentang Supermoon 2018 di sini!


Smile Smile Smile
avatar
Kirana
Join : 08.09.17

Re: Diskusi 1: Supermoon 2018

on 12/25/2017, 18:24
Adain acara pengamatan ga min??
avatar
Dissun
Join : 25.12.17

Re: Diskusi 1: Supermoon 2018

on 12/25/2017, 19:03
Supermoonnya bisa diliat di daerah mana aja min?
avatar
IA Info Grup Akun Terverifikasi
Join : 14.08.17

Re: Diskusi 1: Supermoon 2018

on 12/25/2017, 19:07
@Kirana wrote:Adain acara pengamatan ga min??
Untuk supermoon kami tidak mengadakan acara pengamatan, tapi mungkin nanti ada acara saat gerhana bulan 31 Januari.. tunggu saja info lanjutnya. Senang

@Dissun wrote:Supermoonnya bisa diliat di daerah mana aja min?
Dari seluruh Indonesia bisa kok. cheers!
avatar
Kirana
Join : 08.09.17

Re: Diskusi 1: Supermoon 2018

on 12/28/2017, 16:40
Ngamat dimana min nanti 31 januari ??
avatar
riririma Akun Terverifikasi
Join : 28.12.17

Re: Diskusi 1: Supermoon 2018

on 12/28/2017, 21:42
Seberapa besar gangguan cahaya supermoon ke humet quandrantids min?
avatar
IA Info Grup Akun Terverifikasi
Join : 14.08.17

Re: Diskusi 1: Supermoon 2018

on 12/31/2017, 14:43
@riririma wrote:Seberapa besar gangguan cahaya supermoon ke humet quandrantids min?
Cukup besar. Hujan meteor Quadrantid terkenal memiliki meteor-meteor yang redup. Dengan adanya Bulan yang terang, redupnya meteor Quadrantid akan membuat meteor-meteor yang melintas mungkin malah tidak terlihat.  Maaf deh
avatar
yafi
Join : 02.01.18

Re: Diskusi 1: Supermoon 2018

on 1/13/2018, 23:39
Cuaca belakangan sering ujan. Semoga di hari H cerah ya min.. Sedih
avatar
yulida
Join : 27.12.17

Re: Diskusi 1: Supermoon 2018

on 2/14/2018, 09:05
bener ngga min kalo supermoon itu air dari hilir bisa ngalir ke hulu?
Sponsored content

Re: Diskusi 1: Supermoon 2018

Topik sebelumnyaKembali Ke AtasTopik selanjutnya