Topik sebelumnyaGo downTopik selanjutnya
avatar
IA Store Akun Terverifikasi
Join : 23.12.17
http://store.infoastronomy.org

REVIEW: Teleskop Celestron PowerSeeker 60AZ

on 3/8/2018, 16:42

Ada begitu banyak teleskop di pasaran. Sebagai pemula, kamu pasti akan mengalami kesulitan dalam memilih bagaimana teleskop yang cocok untukmu. Salah-salah, teleskop yang dibeli justru tidak terpakai karena tidak bisa menggunakannya. Di sinilah kami mencoba untuk mengulas atau me-review teleskop. Pekan ini, giliran Celestron PowerSeeker 60AZ yang masuk dalam review kami.

Apa saja kelebihan dan kekurangan teleskop ini? Mari simak!

Model teleskop Celestron yang satu ini didedikasikan khusus untuk para pemula dalam hobi astronomi. Teleskop ini disesain untuk bisa melakukan pengamatan terhadap objek langit maupun pengamatan objek-objek di permukaan Bumi. Ditambah lagi, harga teleskop ini cukup bersahabat di kelasnya.

Dari segi teknis, Celestron Powerseeker 60AZ dilengkapi dengan aperture selebar 60mm (2,36 inci) dan focal length sepanjang 700mm (28 inchi). Hal itu menghasilkan focal ratio teleskop ini mencapai 12. Kamu juga akan mendapatkan dua eyepiece, yakni berdiameter 20mm (0,79 inci) dan 4mm (0,16 inci), dengan masing-masing magnifikasi yang dihasilkan bisa mencapai 35x dan 175x. Ada pula lensa barlow yang bisa menambah magnifikasi hingga 3x. Dari semua segi teknis ini, teleskop ini menjadi produk yang sangat berkualitas untuk pemula!


Salah satu fitur penting yang dimiliki teleskop Celestron Powerseeker 60AZ ini adalah, ia memiliki komponen optik kaca berlapis dengan kualitas tinggi, membuat kamu bisa melihat objek-objek langit dengan kecerahan dan kejernihan yang tinggi.

Teleskop ini merupakan jenis teleskop refraktor, yakni teleskop yang mengumpulkan cahaya dari benda langit menggunakan lensa. Dudukannya, sesuai dengan namanya, menggunakan dudukan AZ atau Altazimuth. Dudukan ini sangat mudah digunakan oleh para astronom pemula atau kamu yang hanya sekadar hobi mengamati langit.


Kelebihan
Nah, mari sekarang kita bahas kelebihannya. Pertama, teleskop ini sangat baik digunakan untuk mengamati Bulan. Apa lagi bila kamu menggunakan eyepiece 4mm-nya yang memiliki magnifikasi hingga 175x, maka kamu bisa melihat Saturnus lengkap dengan cincinnya menggunakan teleskop ini.

Sama seperti teleskop Celestron lainnya, tipe yang satu ini merupakan teleskop yang sangat mudah dirakit, membuatnya cocok untuk pemula atau bahkan anak-anak. Dan seperti yang telah disinggung di atas sebelumnya, kualitas optik (kejernihan dan kecerahan) pandangan yang dihasilkan teleskop ini sangat spektakuler bila dibandingkan dengan produk serupa dengan harga yang lebihi rendah.

Bila kami ditanya apa teleskop yang cocok bagi orang yang belum pernah memakai teleskop, maka kami akan menjawab "Teleskop Celestron PowerSeeker 60AZ" ini. Teleskop ini dilengkapi dengan buku panduan yang mudah dimengerti dan berisi spesifikasi rinci, FAQ, petunjuk lengkap, serta mengenai penggunaan dan perawatan teleskop ini.

Bobot teleskop juga tidak terlalu berat. Jadi bagi kami yang ingin berpergian sambil membawa teleskop, maka teleskop ini merupakan salah satu yang cocok untuk kamu miliki.

Kekurangan
Membahas kelebihan tentu tidak adil bila tidak membahas kekurangannya. Pertama, dengan aperture yang hanya 60mm, teleskop ini dianggap terlalu rendah spesifikasinya untuk observasi objek langit, sehingga cukup sulit bila kamu mengamatinya di lokasi yang berpolusi cahaya tinggi.

Beberapa pengguna teleskop ini yang belum berpengalaman mungkin akan sangat kesulitan saat menggunakan eyepiece 4mm. Terlebih, bila ekspektasi kamu sudah kadung tinggi saat membeli teleskop ini, jangan kecewa jika saat menggunakannya kamu tidak merasa terlalu puas. Misalnya saat digunakan untuk melihat Saturnus, jangan berharap bisa melihatnya begitu besar seperti jepretan Hubble, sebab Saturnus akan muncul cukup kecil (walaupun cincinnya memang jelas terlihat).

Kembali lagi, teleskop ini memang didesain khusus untuk pemula, bukan untuk profesional.

Oh iya, inilah bagaimana kenampakan Bulan dipotret dengan Teleskop Celestron PowerSeeker 60AZ oleh tim kami:


Kami menggunakan kamera berkualitas rendah. Bila kamu memotret Bulan menggunakan teleskop ini dan kamera berkualitas tinggi, hasilnya akan jauh lebih baik dari jepretan kami di atas.

Mau beli teleskop ini? Di pasaran Indonesia, harganya berkisar mulai dari Rp2.300.000,- sampai dengan Rp2.800.000,-. Kamu bisa membeli teleskop ini di InfoAstronomy Store dengan klik di sini.

Ada pertanyaan mengenai teleskop ini? Silakan tinggalkan balasan di kolom komentar ya!
Ngamat kuy!
hanieph
Join : 05.12.17

Re: REVIEW: Teleskop Celestron PowerSeeker 60AZ

on 4/10/2018, 23:07
Contoh objek lain dong min
Topik sebelumnyaKembali Ke AtasTopik selanjutnya