Topik sebelumnyaGo downTopik selanjutnya
IA Store Akun Terverifikasi
Join : 23.12.17

REVIEW: Teleskop Celestron AstroMaster 76EQ

on 3/1/2018, 18:31

Setelah pekan lalu kami me-review teleskop Celestron AstroMaster 130EQ, pekan ini kami akan me-review adiknya, Celestron AstroMaster 76EQ. Teleskop yang satu ini termasuk dalam jenis reflektor newtonian dengan sebuah dudukan equatorial. Apa kelebihan dan kekurangannya?

Teleskop ini adalah bagian dari seri AstroMaster yang merupakan rangkaian teleskop dari Celestron yang memiliki kualitas optik cermin berlapis yang memberikan gambar yang terang dan jernih dalam pengamatan objek langit maupun objek di Bumi.

Saat pertama kali kamu "unboxing" teleskop ini dari dusnya, merakitnya tidak akan memakan waktu lebih dari 10-15 menit, walaupun kamu adalah pemula. Walaupun aperture (76mm) teleskop tidak sebesar tipe lain dalam seri AstroMaster, namun masih cukup besar saat disandingkan dengan panjang fokusnya yang 700mm, sehingga cocok mengamati Bulan dan planet-planet tata surya kita.

Dilengkapi dengan dua eyepiece 20mm dan 10mm, magnifikasi yang bisa dihasilkan teleskop ini mencapai 30x dan 70x dengan masing-masing eyepiece tersebut.

Visualisasi yang dihasilkan juga tidak terbalik, sehingga membuat teleskop ini bagus untuk penayangan terestrial juga. Oh iya, teleskop ini termasuk dalam jenis reflektor, yakni teleskop yang memanfaatkan cermin sebagai pengumpul cahaya dari objek yang diamati.

Melihat gambar di atas, kita bisa tahu bahwa teleskop ini menggunakan dudukan equatorial. Kelebihannya adalah, dudukan ini memungkinkan teleskop bergerak dengan gerakan asensio rekta dan deklinasi.

Namun, kekurangannya, dudukan equatorial penggunaannya kurang efektif di Indonesia. Hal ini dikarenakan letak astronomis Indonesia berada di 2 derajat Lintang Utara sampai 7 derajat Lintang Selatan, sehingga pemberat dari dudukan ini bisa bertabrakan dengan kaki-kaki tripod.

Untuk mengetahui seperti apa pengamatan Bulan dengan teleskop ini, silakan tonton video berikut:

Secara keseluruhan, kekurangan teleskop ini hanya pada dudukan equatorialnya saja seperti yang telah dijelaskan di atas. Namun, untuk ketangguhan tripod dan kejernihan visual yang dihasilkan, teleskop ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Mau beli teleskop ini? Di pasaran Indonesia, harganya berkisar mulai dari Rp4.300.000,- sampai dengan Rp5.000.000,-. Kamu bisa membeli teleskop ini di InfoAstronomy Store dengan klik di sini.

Ada pertanyaan mengenai teleskop ini? Silakan tinggalkan balasan di kolom komentar ya!
Ngamat kuy!