Topik sebelumnyaGo downTopik selanjutnya
avatar
nswsyifa
Join : 12.02.18

Minat Masyarakat terhadap Astronomi di Indonesia

on 3/1/2018, 14:44
Halo, selamat siang!

Pada topik ini saya ingin mengajak diskusi mengenai minat masyarakat Indonesia terhadap astronomi.

Secara pribadi, saya melihat bahwa minat terhadap astronomi tidak tinggi seperti di negara-negara Amerika atau Eropa. Sebelumnya saya pernah menyebarkan kuisioner secara online sebagai tugas perkuliahan tentang kampanye Malam Langit Gelap, dan diperoleh bahwa sebagian besar responden tidak mengetahui tentang kampanye tersebut. Padahal, Malam Langit Gelap adalah kampanye yang diadakan LAPAN untuk meningkatkan kesadaran tentang polusi cahaya di Indonesia. Selain itu, seringkali terlihat hoaks pada linimasa media sosial seperti Facebook, WA, dll yang mudah sekali disebarkan oleh masyarakat.

Bagaimana menurut kalian? Apa solusi yang tepat?

Terima kasih Smile
avatar
xean alisya
Join : 13.02.18

Re: Minat Masyarakat terhadap Astronomi di Indonesia

on 3/1/2018, 16:17
Bener. Orang-orang di lingkungan rumahku juga gak ada yang tau tentang kampanye malam langit gelap.

IMO, ini soal minat yang belum dapet "tempat berbagi" atau "fasilitas". Orang yang minat astronomi di Indonesia pasti banyak, kalopun belum banyak pasti bisa bertumbuh karena astronomi itu asik. Tapi mereka gak tau atau belum tau gimana cara berbagi minat itu ke sesama peminat lainnya. Akses ke fasilitas pendukung juga belum banyak. Komunitas-komunitas astronomi di Indonesia seharusnya lebih aktif dan giat kampanye kegiatan mereka di daerah mereka berada.

Ngomong-ngomong, salam kenal Salam kenal ya!
avatar
nswsyifa
Join : 12.02.18

Re: Minat Masyarakat terhadap Astronomi di Indonesia

on 3/1/2018, 16:30
Salam kenal!
Saya setuju tentang kurangnya fasilitas bagi penggiat astronomi di Indonesia. Media diskusi juga masih minim, sayapun pernah ikut grup astronomi di Fb dan yah ada perbedaan antara masyarakat awam dengan para praktisi sehingga grup tersebut semakin tidak aktif.
avatar
Dimas
Join : 09.02.18

Re: Minat Masyarakat terhadap Astronomi di Indonesia

on 3/1/2018, 20:42
Mungkin ga sih karena kurang perhatian dari pemerintah juga? Klo aja dapet perhatian lebih, mungkin kita punya beberapa observatorium sebagai fasilitas yg lagi dibahas ini. Observatorium yg di kupang itu aja kabarnya gimana.. Tepok jidat!
avatar
nswsyifa
Join : 12.02.18

Re: Minat Masyarakat terhadap Astronomi di Indonesia

on 3/2/2018, 17:23
@Dimas wrote:Mungkin ga sih karena kurang perhatian dari pemerintah juga? Klo aja dapet perhatian lebih, mungkin kita punya beberapa observatorium sebagai fasilitas yg lagi dibahas ini. Observatorium yg di kupang itu aja kabarnya gimana.. Tepok jidat!

Nah, ini juga setuju. Meskipun masih kurang, tapi perlahan pemerintah sudah mulai memberikan perhatian lebih terhadap astronomi di Indonesia. Seperti UU keantariksaan dan penetapan tanggal 6 Agustus menjadi hari antariksa nasional. Kalau tentang observatorium di Kupang sepertinya masih proses perencanaan ya? Atau sudah mulai pembangunan?
Tapi beberapa hari yg lalu saya nemu artikel di situsnya prodi astronomi ITB kalau mereka juga mengadakan edukasi ke masyarakat sekitar daerah obnas (observatorium nasional) Kupang. (artikelnya bisa dibaca disini: https://www.as.itb.ac.id/mengembangkan-komunitas-dengan-iptek-di-kupang/)
Sponsored content

Re: Minat Masyarakat terhadap Astronomi di Indonesia

Topik sebelumnyaKembali Ke AtasTopik selanjutnya